Karakteristik Pasar Monopolistik
1.
Produk yang
terdifferensiasi (Differensiasi Produk)
Differensiasi
produk adalah usaha untuk membedakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan
untuk memberikan daya tarik baik langsung maupun tidak langsung kepada konsumen
dibandingkan perusahaan lain yang menghasilkan produk yang sama atau sejenis
ataupun yang berbeda.
2.
Jumlah
perusahaan banyak dalam industri
Jumlah perusahaan dalam pasar
persaingan monopolistik banyak. Di Indonesia dapat dilihat begitu banyaknya
merek pakaian dan sepatu. Banyaknya perusahaan menyebabkan keputusan perusahaan
tentang harga dan output tidak perlu harus memperhitungkan reaksi perusahaan
lain, karena setiap perusahaan menghadapi kurva permintaannya masing-masing.
3.
Mudah masuk
dan keluar
Laba super normal yang dinikmati
perusahaan mengundang perusahaan pendatang untuk memasuki indsutri. Jika mereka
mampu bertahan, dalam jangka panjang dapat mengalahkan perusahaan yang lain.
Tetapi jika kalah mereka harus keluar, agar kerugian tidak menjadi lebih besar.
Sama halnya dengan pasar persaingan sempurna, dalam pasar persaingan
monopolistik proses masuk keluar akan terhenti bila semua perusahaan hanya
memperoleh laba normal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar